cari yukkk....

Jumat, 20 Agustus 2010

Kini, Palangkaraya pun menjadi sorotan


Semenjak wacana pemindahan Ibukota gencar disiarkan media, tiba-tiba pusat dari Propinsi Kalimantan Tengah itu jadi perhatian khalayak negeri ini. Ya, Palangkaraya tak ubahnya menjadi pilihan banyak kalangan untuk memindah lokasi Ibukota Republik Indonesia.
Motivasi itu pun bermula dari inisiatif Presiden pertama kita, yakni Ir. Soekarno. Banyak pihak memandang Palangkaraya memiliki beberapa nilai plus untuk dijadikan Ibukota sebuah Negara.
Palangkaraya terletak di tengah-tengah wilayah NKRI dan memiliki posisi yang strategis sebagai pusat pemerintahan. Selain itu, kota yang menjadi bagian dari pulau Kalimantan ini mengapung di atas kulit bumi yang tidak terdapat patahan lempeng. Hal lain yang menjadi kelebihan Palangkaraya adalah, kota ini tidak dilewati oleh rangkaian gunung api dunia, baik dari jalur sirkum pasifik maupun sirkum mediteran.
Sehingga, jika prediksi bencana alam berupa gempa bumi, seperti gempa tektonik ataupun gempa vulkanik, Kalimantan dan terkhusus Kota Palangkaraya sendiri, tidak menjadi wilayah rawan akan hal tersebut.
Dan bagaimana sekarang pemerintah dalam menanggapi wacana ini, semoga menjadi pertimbangan.

Tidak ada komentar: