cari yukkk....

Jumat, 03 Oktober 2008

artikel

Jum’at, 3 oktober 2008

Laskar pelangi : Fenomena kedua setelah Ayat-ayat cinta


Di tahun ini tercatat ada 2 film yang cukup menghebohkan yang keduanya merupakan adaptasi dari novel-novel Best seller karya penulis-penulis besar tanah air. Ayat-ayat cinta~novel yang pernah mendapatkan penghargaan The most favorite book 2005 dan sebagai peraih pena award Novel terpuji Nasional 2005 telah menjadi fenomena di layar lebar lantaran novelnya telah dulu boming dan mendapat tempat tersendiri di hati pembacanya. Sehingga tak heran jika AAC difilmkan, para penggemarnya langsung antusias berduyun-duyun ke bioskop dengan tujuan yang sama yakni menyaksikan AAC yang divisualisasikan dalam bentuk akting yang menakjubkan.
Sejalan dengan keberhasilan AAC, laskar pelangi jua ingin sefenomenal film yang dikutip dari novel tulisa Habiburahman .E. Dengan disutradarai Mira lesmana dan Riri riza, film laskar pelangi tak luput dari perhatian dari masyarakat yang begiru exited. Ini dibuktikan di sebuah studio bioskop di Surabaya, managernya mengatakan bahwa kurang dari 2 jam, tiketnya sudah habis untuk tiga jadwal pemutaran. Nampaknya film ini akan menjadi incaran banyak kalangan.
Menilik keberhasilan novel laskar pelangi yang lebih dulu dikenal masyarakat, filmnya pun akan mendulang sukses yang sama. Ceritanya pun cukup menarik, di tengah keterbatasan semangat dan mimpi yang besar rakyat indonesia, novel ini menjadi inspirator bagi semua agar terus bersemangat dan menjauhkan kata menyerah dalam hidup. Andrea hirata mengungkapkan segala cerita yang unik, lucu, mengharukan dan hiruk pikuk semangat dari kelompok laskar pelangi yang sangat luar biasa. Mereka mencerminkan kehidupan yang terus bersyukur dalam hidup di bawah atap kemiskinan dan senantiasa tanpa raut malas mengejar mimpi walau keadaan sekolah yang sebenarnya tak layak ditempati.
Novel tetralogi laskar pelangi inipun dilengkapi 3 novel di belakangnya yang ikut sukses dicari pembaca, diantaranya; Sang pemimpi, Edensor, dan Maryamah karpov. Dipastikan pula film laskar pelangi ini akan fenomenal layaknya AAC dulu. Tapi entah dalam perbandingan masyarakat bagaimana memandang kedua karya pembangun jiwa itu.
Ke-12 bintang cilik anyar yang menghiasi layar laskar pelangi ini jua asli dari Belitong. Hal ini akan menambah apiknya film yang digarap 100% di pulau kaya timah itu. Inilah karya fiksi yang benar-benar luar biasa, laskar pelangi akan menjadi angin segar di tengah berbagai masalah yang memenjara langit-langit Indonesia. Semoga laskar pelangi sanggup membangun tumpuan keberhasilan anak negri untuk terus memperbaiki jati diri alami bangsa ini.

Tidak ada komentar: